Tips Memilih Lampu Rumah yang Ideal

Penggunaan lampu pada saat ini sangatlah penting untuk kehidupan sehari-hari. Manusia tidak lepas dari lampu untuk membantu dalam aktivitasnya. Lampu sendiri pada hakekatnya mempunyai fungsi utama yakni sebagai media penerangan pada saat malam hari. Selain itu juga bisa digunakan pada saat cuaca mending ketika musim penghujan datang. Bisa jadi mendung terjadi sepanjang hari sehingga cahaya sangat minim sekali di dapatkan. Oleh karena itu dalam kejadian tersebut lampu sangat membantu aktivitas manusia.

Dalam pemilihan lampu untuk diaplikasikan di rumah, perlu perhatian khusus agar lampu yang di pakai tidak menimbulkan pemborosan yang akibatnya akan membuat tagihan menjadi membengkak saat pembayaran listrik. Pilihlah lampu yang hemat daya tetapi penerangan yang dihasilkan tetap maksimal. Penghematan yang kita lakukan, tanpa disadari akan membantu penghematan energi secara global. Dan dampaknya sangat besar bagi pelestarian lingkungan.

Sekarang ini sudah banyak penemuan-penemuan baru pada teknologi terbarukan khususnya lampu yang berdaya rendah dan hemat sehingga bisa menghemat energi yang dipakai. Hal kecil yang anda lakukan seperti halnya pemilihan lampu untuk rumah sangat berpengaruh bagi lingkungan sekitar. Jadi, jangan sampai salah pilih lampu yang akan anda gunakan. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai langkah-langkah pemilihan lampu untuk rumah anda.

Berikut beberapa langkah yang dapat anda lakukan dalam proses pemilihan lampu :

1. Pilihlah Lampu Yang Hemat Energi

Sekarang ini sudah banyak beredar di pasaran lampu hemat energi atau biasa disebut lampu LED. LED merupakan singkatan dari kata Light Emithing Diode. Sedangkan definisi dari LED sendiri merupakan suatu benda semi konduktor yang mempunyai fungsi utama yakni dapat melakukan perubahan pada energi listrik sehingga mampi menjadi energi cahaya apabila pada saat benda / alat tersebut dilalui oleh arus energi listrik. Jadi, lampu LED yakni lampu yang memiliki sumber cahaya yang asalnya dari kumpulankumpulan LED, sehingga bisa dipakai dalam proses penerangan. Selain hemat energi tentunya yang dicari adalah keawetan dan ketahanannya. Lampu LED memiliki kedua kelebihan tersebut yakni lampu LED mempunyai umur pemakaian, efektifitas, dan juga efisiensi terhadap daya listrik yang sudah dibuktikan dalam teori ataupun pengaplikasian langsung (praktek lapangan) beberapa kali lipat yang lebih balik jika dibandingkan dengan lampu pijar yang terkenal sangat boros dan juga terbukti tetap jauh lebih efisien dibandingkan dengan lampu neon yang juga boros.

2. Pilihlah lampu Yang Bergaransi

Banyak ditawarkan berbagai macam jenis lampu yang memiliki garansi yang mengejutkan. Garansinya pun bervariasi yakni antara interval kurun waktu 1 tahun atau lebih. Perusahaan lampu LED khususnya yang berani memberi penawaran garansi sampai selama itu. Memang kalau dilihat dari segi harga harus menyiapkan budget khusus untuk memilikinya. Saya kira masyarakat kita masih mampu untuk membelinya karena masih dalam jangkauan kelas menengah ke bawah.

3. Pilihlah Lampu Yang Mempunyai Tingkat Ketahanan Pemakaian Lama

Perbandingan waktu pemakaian dan ketahanan antara lampu pijar dan lampu LED bias kita lihat disini. Lampu pijar mampu bertahan selama 1,000 jam, jika anda sehari pemakaian 10 jam berarti lampu pijar anda tingkat ketahanan kira-kira 100 hari saja. Kemudian untuk lampu LED mampu bertahan selama 50,000 jam, jika anda sehari pemakaian 10 jam berarti lampu LED anda mampu bertahan 5000 hari / sekitar 15 tahun. Jadi, menurut saya dengan kelebihan yang dimiliki lampu LED jauh lebih baik dari segi mana pun daripada penggunaan lampu pijar ataupun lampu neon. 

4. Pilihlah Lampu Yang Cahayanya Tidak Panas Dan Tidak Mengandung Sinar Ultraviolet

Cahaya yang ditimbulkan dari lampu LED terbukti tidak panas sehingga ruangan yang dipasangkan lampu LED tidak akan terasa panas lagi udaranya. Tentunya sangat berbeda dengan lampu pijar ataupun lampu neon yang cahayanya terasa panas. Selain itu lampu LED juga tidak memancarkan sinar ultraviolet. Jika anda peduli terhadap kesehatan, maka lampu ini sangat cocok buat anda.

5. Pilihlah Lampu Yang Ramah Lingkungan

Lampu yang ramah lingkungan berarti tidak mempunyai dampak buruk yang dihasilkan sehingga merugikan penggunanya sendiri. Dampak yang ditimbulkan, bisa dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Misalnya paparan sinar ultraviolet yang dapat merusak bagian mata ataupun kulit dalam jangka panjang. Kemudian kandungan merkuri pada beberapa lampu pijar atau neon. Lampu LED sudah jelas terbukti sangat ramah terhadap lingkungan sekitarnya 


No product

To be determined Shipping
IDR 0 Total

Checkout